MENGANALISA WEB (KOMPAS.COM)

Selasa, Maret 20th, 2012

KOMPAS.com berdiri pada tahun 1997 dengan nama Kompas Online. Saat itu, Kompas Online hanya berperan sebagai edisi internet dari Harian Kompas. Kemudian pada tahun 1998 Kompas Online merubah namanya menjadi KOMPAS.com dengan berfokus pada pengembangan isi, desain, dan strategi pemasaran yang baru. KOMPAS.com pun memulai langkahnya sebagai portal berita terpercaya di Indonesia.

Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 2008 KOMPAS.com tampil dengan perubahan penampilan yang signifikan. Mengusung ide “Reborn”, KOMPAS.com membawa logo, tata letak, hingga konsep baru di dalamnya. Lebih kaya, lebih segar, lebih elegan dan tentunya tetap mengedepankan unsur user-friendly dan advertiser-friendly.

Sinergi ini menjadikan KOMPAS.com sebagai sumber informasi lengkap, yang tidak hanya menghadirkan berita dalam bentuk teks, namun juga gambar, video, live streaming.Perubahan ini pun mendorong bertambahnya pengunjung aktif KOMPAS.com di awal tahun 2008 yang mencapai 20 juta pembaca aktif per bulan, dan total 40 juta page views/impression per bulan.

Saat ini,KOMPAS.com telah mencapai 120 juta page view perbulan. Disini saya akan mencoba menganalisa situs kompas.com . pertama saya akan menganalisa isi, lalu tampilan webnya, alignment, proximity, dan navigasi . berikut analisa saya .

Isi

Isi dari web kompas tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan user. Penyajian informasi sudah jelas dan lengkap dengan berita yang terupdate dari berita nasional hingga internasional dalam berbagi bidang politik, olahraga, bisnis dan keuangan, pengetahuan, dll. Memudahkan user dalam memperoleh informasi yang akurat sesuai dengan keinginan user. Berita-berita yang disajikan oleh web kompas selalu ter-up-date. Hal ini juga dapat dilihat dari terteranya hari,tanggal, bulan, tahun, dan jam pada masing-masing berita yang disajikan.

Tampilan Webnya

Tampilan web tersebut sudah cukup menarik sehingga dapat menimbulkan minat para pembaca untuk membuka web tersebut. Perancang web ini sudah memberikan konsep yang baik. Sesuai dengan tujuannya yakni untuk memberikan informasi dan berita yang nyata, akurat dan up to date. Semua komponen yang terdapat di dalam web ini sudah cukup jelas bagi user karena menu yang disajikan sudah membuat para pembaca web ini dapat mengerti isi dari berita yang di sampaikan. Dengan tampilan halaman web tersebut, setiap user dapat mengakses menu apapun dengan ukuran dan menu yang tidak berubah/konsisten. Setiap warna dari background selalu sama. Sehingga membuat user tidak bingung mencari menu pada setiap halaman yang berbeda. pada web kompas, jenis huruf, ukuran dan warnanya standar. Tetapi pembaca atau user dapat membaca dengan jelas isi dari berita tersebut.

Proximity

Sudah dikelompokkan sesuai dengan topiknya masing-masing. Sehingga memudahkan user dalam mencari suatu berita dan memberikan pembaca struktur tampilan yg jelas. Jadi tidak usah bingung-bingung lagi.

Alignment

Pada web ini hanya rata kiri saja pembaca atau user dapat melihat dan membaca web tersebut dengan jelas karena isi web tersebut sudah berisikan berita dan informasi yang lengkap dan up to date.

Navigasi

Navigasi pada web ini dibuat selengkap mungkin guna memudahkan user dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Pada web ini navigasinya juga konsisten untuk setiap halaman web. Pada halaman utama, kita sebut index memuat menu-menu pokok yang bersifat umum sehingga pengunjung bisa langsung masuk ke halaman yang dimaksud.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: