Open Office

Rabu, Maret 2nd, 2011

OpenOffice.org adalah seperangkat perangkat lunak perkantoran yang di dalamnyaterdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar kerja (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, webeditor, database, dan formula editing.

OpenOffice.org merupakan perangkat lunak yang gratis dan open source. Karena itu siapapun bisa menggunakannya tanpa dipungut biaya, dan karena open source, siapapun bisa mengakses kode sumber yang membangunnya. OpenOffice.org dikembangkan oleh komunitas OpenOffice.org yang didirikan oleh Sun Mycrosystems.

OpenOffice.org Writer membantu penulisan segala macam dokumen. Kita dapat membuat surat pribadi, formulir, brosur, fax, dan bahkan sampai manual profesional. Fasilitas pemeriksa ejaan yang bagus dapat kita gunakan, sehingga meminimalkan (atau bahkan meniadakan) kesalahan dalam pembuatan dokumen. Kita juga dapat menggunakan fasilitas autoCorrect yang dapat membetulkan kesalahan secara otomatis. OpenOffice.org menyediakan fasilitas navigasi yang baik dan mudah digunakan,sehingga mempermudah penjelajahan dokumen yang sangat panjang.

OpenOffice.org Writer menyediakan banyak templete untuk berbagai tujuan, sehingga dapat mempercepat pembuatan dokumen khusus yang sering dibuat. Kita juga dapat membuat templete sediri apabila jenis templete untuk dokumen yang ingin kita buat belum ada, atau kita juga bisa memodifikasi templete yang sudah ada.

Menggambar dengan OpenOffice.org Draw

OpenOffice.org bukan sekadar aplikasi kantor biasa. Anda pun dapat menuangkan kreativitas Anda dalam menggambar dengan OpenOffice.org draw.Selain datang dengan Writer, Calc dan Impress, OpenOffice.org pun datang dengan Draw, sebuah aplikasi untuk menggambar. Anda dapat membuat bagan, diagram, bentuk 3D, dan berbagai bentuk kreatif lain, untuk kemudian dapat disimpan menjadi format EPS, BMP, EMF, GIF, JPEG, dan lainnya. Apabila diinginkan, karya Anda juga bisa diekspor ke format flash ataupun PDF. Bukalah OpenOffice.org draw dengan memilihnya dari menu desktop Anda. Anda juga bisa membukanya dengan membuka Writer terlebih dahulu, dan memilih File| New|Drawing. Sebuah interface yang mirip dengan Writer akan segera Anda lihat. Bedanya, sebagian besar kontrol Anda terletak di toolbar kiri.

Membuat Countdown Pembuka Presentasi dengan OO Impress

OpenOffice.org merupakan aplikasi office suite gratis yang cukup powerfull. Office suite ini hadir dengan berbagai macam aplikasi, seperti pengolah kata (OpenOffice.org Writer), presentasi (OpenOffice.org Impress), spreadsheet (OpenOffice.org Calc), database (OpenOffice.org base), tool menggambar (OpenOffice.org Draw), dan pengolah formula matematika (OpenOffice.org Math). Kali ini kita akan praktik membuat Countdown (penghitung mundur) pembuka presentasi dengan menggunakan OpenOffice.org Impress. Sekedar informasi, Impress yang digunakan dalam tutorial kali ini adalah Versi 2.04 dan Versi terakhir ketika artikel ini ditulis adalah Versi 2.1

Membuat Presentasi dengan Impress

Bagaimana menyampaikan ide bukan perkara gampang. Salah satu caranya adalah dalam bentuk tertulis dan kemudian mempresentasikannya. Salah satu alat bantu presentasi yang handal adalah OpenOffice.org Impress, aplikasi presentasi yang kompatibel dengan Microsoft PowerPoint. Dengan Impress, Anda dapat membuat presentasi dengan mengikuti berbagai template yang telah disediakan. Walau demikian, Impress juga dapat digunakan untuk membuat presentasi dari nol. Presentasi dapat dibuat menjadi lebih menarik dengan penambahan berbagai objek. Dan pada akhirnya, presentasi yang Anda buat dapat dengan mudah diekspor ke format PDF ataupun disimpan sebagai halaman web. Semua hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah

Database Desktop Multi Platform : OpenOffice.org Base

OpenOffice.org Base di versi 2.4 ini relatif lebih stabil. OOo Base membutuhkan Java Runtime Environment (JRE) agar bisa terkoneksi ke data-nya. Pada contoh ini digunakan OOo 2.4 rc6 dan Sun JRE 1.6, di Ubuntu 7.10. OOo 2.4 rc6 dan sun JRE 1.6 ini juga bisa dijalankan di Microsoft Windows tanpa seting dan konfigurasi sama sekali.

Tampilan form Master-Detail


Tampilan jendela definisi Relationship


Mendefinisikan Relasi antar tabel


Tampilan berikutnya adalah versi Ms. WindowsXP.

OpenOffice.org Base di rilis 2.4 ini sudah mempunyai fitur memadai untuk aplikasi database sederhana. Karena OpenOffice.org bisa dijalankan di banyak platform OS (Windows, Linux, MacOS, dsb), dan juga ketersediaan Sun Java JRE di semua platform tersebut, maka OOo Base ini sudah bisa disebut perangkat database GUI yang multiplatform.

Pada tampilan yang di sudah saya coba sendiri adalah di Microsoft WindowsXP 32bit, (Linux) Ubuntu 7.10 32bit, dan Fedora 8 64bit.

Dengan langkah sederhana:

  • Pasang Sun Java JRE (1.5 atau 1.6 atau versi yang lebih baru).
  • Set JRE terpasang dari OpenOffice.org lewat menu [Tools | Options | Java].
  • Set classpath ke driver JDBC database yang akan diakses dari menu yang sama.
  • OOo Base sudah siap digunakan untuk mengakses berbagai database.

Database engine standar OOo Base adalah HSQL. Tapi dengan koneksi JDBC, OOo Base bisa menggunakan semua database engine yang menyediakan driver JDBC seperti Oracle, Microsoft SQL Server, Firebird, Mysql, Postgre, dll. Bisa juga mengakses LDAP Address Book, Spreadsheet, dBase, Text, Thunderbird Addressbook, ODBC (Windows).

Membuat database multiplatform menjadi sangat mudah kan?

Base

Cara baru mengakses basis data

BASE adalah sistem manajemen basis data berbasis desktop yang lengkap, didesain untuk memenuhi kebutuhan yang luas dari pengguna, mulai dari

  • melacak koleksi CD pribadi Anda, hingga
  • menghasilkan laporan penjualan bulanan

BASE menawarkan panduan untuk membantu pengguna yang baru terhadap desain basis data (atau baru terhadap BASE) untuk membuat Tabel, Query, Form, dan Report, bersama dengan sekumpulan definisi tabel yang sudah didefinisikan untuk melacak Asset, Konsumen, Penjualan, Invoice, dan banyak lagi.

Ketika Anda hanya memerlukan basis data personal, BASE menawarkan mesin basis data relasional HSQL, dikonfigurasi untuk pengguna tunggal, dengan data tersimpan pada dokumen BASE, beserta dengan dukungan native untuk dokumen dBase.

Untuk kebutuhan yang lebih besar, BASE mendukung berbagai basis data yang populer secara native: MySQL, Adabas D, Microsoft Access, dan PostgreSQL. Sebagai tambahan, dukungan untuk driver standar JDBC dan ODBC juga mengijinkan Anda untuk terhubung secara virtual pada sembarang basis data yang ada.

BASE terintegrasi dengan aplikasi OpenOffice.org yang lain, misalnya

  • menyediakan data buku alamat untuk mail merge pada WRITER menggunakan standar industri protokol LDAP, atau format buku alamat yang umum seperti Microsoft Outlook, Microsoft Windows dan Mozilla;
  • membuat jangkauan data yang terhubung pada dokumen CALC untuk analisa data pilot atau sebagai dasar untuk bagan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang bekerja dengan BASE, harap melihat halaman Wiki Basis Data Openoffice.org.

Untuk informasi teknis, atau bantuan untuk membuat BASE menjadi lebih baik, kunjungi halaman proyek BASE.

Writer

Untuk semua dokumen Anda

WRITER memiliki apa yang Anda harapkan dari sebuah pengolah kata atau publikasi desktop yang modern.

Paket ini cukup mudah untuk demo yang ringkas, cukup handal untuk membuat buku dengan isinya, diagram, index, dll. Anda bebas untuk berkonsentrasi pada pesan Anda – sementara WRITER membuatnya tampak hebat.

contoh tampilan WriterPanduan (Wizard) mengambil alih semua tugas-tugas penting dalam pembuatan dokumen standar seperti surat, fax, agenda, atau tugas-tugas lain yang lebih kompleks seperti mail merge. Anda juga bisa membuat template Anda sendiri atau mendownload template dari repository template kami.

Style dan Pemformatan memberikan kekuatan style sheet kepada setiap tangan pengguna.

Mengunci kesalahan pengetikan secara langsung dengan kamus AutoCorrect, yang dapat menguji penulisan ketika Anda mengetik. Jika Anda perlu menggunakan bahasa lain pada dokumen Anda – WRITER mampu melakukannya juga.

Mengurangi pekerjaan penulisan dengan AutoComplete, yang memberikan saran tentang kata-kata dan frase umum untuk melengkapi apa yang sedang Anda ketik.

Text frame dan linking memberikan Anda kemampuan untuk mengatasi tugas publikasi desktop untuk surat kabar, flyer, dll. Meletakkan sesuai dengan keinginan Anda.

Meningkatkan kegunaan dari dokumen Anda yang panjang dan kompleks dengan menghasilkan daftar isi atau istilah-istilah yang diindex, referensi bibliografi, ilustrasi, tabel, dan obyek-obyek lain.

WRITER juga mampu menampilkan banyak halaman ketika Anda mengedit – ideal untuk dokumen yang kompleks, atau jika Anda memiliki monitor yang besar (atau beberapa monitor).

Fitur catatan menampilkan catatan pada samping dokumen. Hal ini membuat catatan lebih mudah dibaca. Sebagai tambahan, catatan dari pengguna yang berbeda ditampilkan dengan warna yang berbeda bersama dengan waktu dan tanggal pengeditan.

Buat dokumen Anda tersedia secara bebas dengan kemampuan WRITER untuk mengeksepor ke format HTML untuk web, atau eksport pada format MediaWiki untuk mempublikasikan ke wiki. Publikasikan dalam Portable Document Format (.pdf) untuk menjamin bahwa apa yang Anda tulis adalah yang dilihat oleh pembaca. Fitur ekspor PDF pada OpenOffice.org menyediakan banyak opsi pemformatan dan keamanan; sehingga file PDF bisa dikustomisasi untuk banyak skenario, termasuk file standar ISO PDF/A.

Simpan dokumen Anda dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini berarti Anda tidak terikat hanya pada WRITER. Anda bisa mengakses dokumen Anda dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung OpenDocument.

WRITER dapat membaca semua dokumen Microsoft Word Anda, atau menyimpan pekerjaan Anda pada format Microsoft Word untuk dikirimkan kepada orang-orang yang masih terkunci pada produk-produk Microsoft. Sejak versi 3.0 WRITER mampu membuka dokumen .docx yang dibuat dengan Microsoft Office 2007 atau Microsoft Office 2008 untuk Mac OS X.

Calc

Spreadsheet multi-fungsi

CALC adalah program spreadsheet yang Anda inginkan. Pendatang baru menganggapnya intuitif dan mudah untuk dipelajari; pengolah data profesional akan menghargai fungsi-fungsi tingkat lanjut yang komprehensif.

tampilan layar Calc Teknologi DataPilot tingkat lanjut membuatnya mudah untuk mengambil data mentah dari basis data perusahaan; tabulasi silang, ringkasan, dan mengkonversinya menjadi informasi yang berarti.

Formula bahasa alami mengijinkan Anda membuat formula menggunakan kata-kata (contoh. “penjualan – pengeluaran”).

Tombol Intelligent Sum menyisipkan fungsi penjumlahan atau subtotal secara otomatis, tergantung dari konteks.

Panduan (Wizards) membantu Anda dalam memilih dan menggunakan fungsi-fungsi spreadsheet tingkat lanjut.

Style dan Pemformatan membuatnya mudah untuk menerapkan opsi pemformatan sel yang fleksibel, termasuk merotasi isi, template, latar belakang, batas pinggir, dan banyak lagi. Anda bisa menjadi ahli dalam spreadsheet Anda sendiri berkat templates dengan fungsi yang built-in, mengijinkan Anda untuk berkonsentrasi pada pekerjaan nyata Anda.

Scenario Manager mengijinkan analisa “bagaimana jika …” pada tingkat tombol – contoh. membandingkan profitabilitas untuk perkiraan penjualan tinggi / menengah / rendah.

Komponen solver CALC mengijinkan optimisasi penyelesaian masalah dimana nilai optimal dari sebuah sel pada spreadsheet harus dihitung berdasarkan batasan yang disediakan pada sel lain.

Mendukung pekerjaan secara kolaboratif pada spreadsheets dengan dukungan banyak pengguna pada CALC. Dengan melakukan sharing sebuah spreadsheet pengguna lain dapat dengan mudah menambahkan datanya pada spreadsheet. Pemilik spreadsheet dapat mengintegrasikan datanya dengan mudah cukup dengan beberapa klik saja. Kolaborasi ini membantu menghindari konflik selama pengeditan.

Simpan spreadsheets Anda dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini berarti Anda tidak terikat hanya pada CALC. Anda bisa mengakses dokumen Anda dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung OpenDocument.

Tentu saja, Anda bebas untuk menggunakan spreadsheet Microsoft Excel lama Anda, atau menyimpan pekerjaan Anda dalam format Excel sebelum mengirimkan kepada orang-orang yang masih terkunci pada produk-produk Microsoft. Jika apa yang mereka inginkan adalah hasil Anda, maka gunakan format Portable Document Format (.pdf) – tidak diperlukan untuk membeli perangkat lunak tambahan. Sejak versi 3.0, CALC telah mampu membaca dokumen .xlsx yang dibuat dengan Microsoft Office 2007 atau Microsoft Office 2008 untuk Mac OS X.

Impress

Kekuatan lebih besar pada presentasi Anda

IMPRESS adalah perangkat yang sungguh canggih untuk membuat presentasi multimedia yang efektif. Presentasi Anda akan tampak luar biasa dengan clip art 2D dan 3D, efek khusus, animasi, dan perangkat penggambar yang canggih.

Halaman Utama (Master Pages) mempermudah tugas mempersiapkan materi-materi Anda.

Sebuah jangkauan yang lengkap tentang Views sudah didukung: Drawing / Outline / Slides / Notes / Handouts untuk mencapai semua kebutuhan dari presenter dan pendengar, ditambah dengan sebuah tampilan multi-pane opsional untuk meletakkan semua dalam tanggan Anda.

IMPRESS mendukung banyak monitor, sehingga pembicara dapat melihat sesuatu yang lain ketika mempresentasikan slidenya pada proyektor. Manfaatkan ini dengan Extension Presenter Console, yang mengijinkan Anda melihat slide berikutnya dan juga waktu dan catatan untuk penulis.

IMPRESS memiliki perangkat penggambar dan diagram yang mudah untuk digunakan untuk memberikan nilai lebih pada presentasi Anda.

‘Parkirkan’ perangkat penggambar yang paling sering Anda gunakan disekitar layar Anda untuk akses yang lebih cepat.

Animasi dan Efek Slide show membuat presentasi Anda serasa hidup. Fontwork menyediakan gambar-gambar 2D dan 3D dari teks. Buat gambar-gambar 3D dengan cepat.

Simpan presentasi Anda dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini berarti Anda tidak terikat hanya pada IMPRESS. Anda bisa mengakses dokumen Anda dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung OpenDocument.

Tentu saja, Anda bebas untuk menggunakan presentasi Microsoft PowerPoint lama Anda, atau menyimpan pekerjaan Anda dalam format Excel sebelum mengirimkan kepada orang-orang yang masih terkunci pada produk-produk Microsoft. Alternatif lain, gunakan kemampuan built-in IMPRESS untuk membuat versi Flash (.swf) dari presentasi Anda.

Draw

Paket grafis handal

DRAW – dari sketsa hingga rancangan yang kompleks, DRAW memberikan Anda sebuah perangkat untuk berkomunikasi dengan grafis dan diagram.

‘Parkirkan’ perangkat penggambar yang paling sering Anda gunakan disekitar layar Anda untuk akses yang lebih cepat.

Gunakan Style dan Pemformatan untuk meletakkan semua style grafis Anda pada tanggan Anda.

Memanipulasi obyek, merotasi dalam dua atau tiga dimensi; pengendali 3D meletakan lingkaran, tabung, dll sesuai keputusan Anda.

Mengelola obyek: mengelompokkan, memisahkan, menggabungkan, dan mengedit obyek selama dikelompokkan. Proses rendering yang kompleks mengijinkan Anda membuat gambar yang realistis dengan tekstur milik Anda sendiri, efek cahaya, transparansi, perspektif, dan sebagainya.

Smart connectors mempercepat pembuatan diagram alur, bagan organisasi, diagram jaringan, dll. Definisikan ‘titik temu’ organisasi Anda.

Dimension lines secara otomatis mengkalkulasi dan menampilkan dimensi linier ketika Anda menggambar.

Gunakan gambar-gambar Gallery untuk clipart; buat seni Anda sendiri dan tambahkan kedalam Gallery.

Simpan gambar Anda dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini berarti Anda tidak terikat hanya pada DRAW. Anda bisa mengakses dokumen Anda dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung OpenDocument.

Import graphis dari semua format umum (termasuk BMP, GIF, JPEG, PNG, TIFF, and WMF).

Gunakan kemampuan gratis DRAW untuk membuat kemampuan untuk membuat versi Flash (.swf) dari pekerjaan Anda.

Math

Buat rumus dan formula untuk dokumen Anda

MATH adalah komponen OpenOffice.org untuk rumus matematika. Paket ini paling sering digunakan sebagai editor rumus untuk dokumen teks, tetapi juga dapat digunakan dengan berbagai jenis dokumen yang lain atau secara mandiri. Ketika digunakan didalam WRITER, rumus dianggap sebagai sebuah obyek didalam dokumen teks. Hal yang sama, seseorang dapat menyisipkan obyek ini kedalam program OpenOffice.org lainnya, seperti CALC dan IMPRESS.

Menggunakan MATH, terdapat tiga cara utama untuk memasukkan sebuah formula:

  • Menulis markup pada editor rumus.
  • Klik kanan editor rumus dan pilih simbol dari menu konteks.
  • Pilih simbol dari toolbox Selection.

Keuntungan Paket

OpenOffice.org lebih dari sebuah koleksi yang terdiri dari lima aplikasi canggih.

Tidak seperti beberapa kompetitor, paket ini tidak dibuat dari beberapa bagian yang terpisah dari sebuah perangkat lunak. Sejak permulaan, paket didesain sebagai satu kesatuan paket perkantoran yang lengkap.

  • Semua paket memiliki ‘tampilan’ yang sama sehingga membuat mereka mudah untuk digunakan, dengan perangkat yang bersifat ‘pelajari satu gunakan dimana-mana’ seperti Styles dan Pemformatan. OpenOffice.org menggunakan ‘tampilannya’ dari komputer Anda – Jika Anda mengubah desktop Anda, OpenOffice.org akan menyesuaikannya.
  • Perangkat yang sama digunakan secara konsisten pada semua paket – sebagai contoh, perangkat yang Anda gunakan untuk bekerja dengan grafis pada Writer juga dapat ditemukan pada Impress dan Draw.
  • Anda tidak perlu tahu aplikasi mana yang digunakan untuk membuat sebuah file tertentu – Anda bisa ‘Membuka File ‘ sembarang file OpenOffice.org dari manapun dan aplikasi yang benar akan dijalankan.
  • Semua paket menggunakan penguji ejaan yang sama dan jika Anda mengubah sebuah ‘Opsi’ pada satu paket, maka semua akan ikut berubah.
  • Informasi dapat ditransfer secara mudah pada semua paket.
  • Semua komponen menyimpan dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini menawarkan penyimpanan yang lebih baik dibandingkan format kompetitor pada umumnya. Hal ini juga berarti Anda bisa mengakses data Anda dari sembarang perangkat lunak yang mendukung OpenDocument.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: